Mar 10, 2013
Category: Profil Pesantren Rafah
Posted by: alfan

Bersamaan dengan berjalannya pembangunan pesantren, dibukalah Taman Pendidikan Al Qur'an untuk masyarakat sekitar, sebagai langkah awal pendekatan dan pelayanan pendidikan masyarakat sekaligus dakwah islam yang memang kondisi lingkungan sekitar masih awam dengan "mengaji" Al Qur'an. Lembaga pendidikan formalpun ketika itu masih minim, ditambah minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya sangat minim, setelah lulus SD, anak sekitar jarang yang mau sekolah kalau tidak membantu orang tua di sawah biasanya merantau atu nikah. Namun setelah dibuka TPQ kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya mulai tumbuh dan antusias anak untuk mengaji semakin meningkat. Diantara lulusan TPQ kemudian diberi beasiswa untuk mondok di Pesantren sebagai kader daerah. Sampai tahun 2013, sudah ada 7 kader daerah lulusan TPQ yang diberi beasiswa selama 6 tahun (sampai tingkat SLTA). Tenaga pengajar TPQ pertama kali berjumlah tiga orang. Mereka adalah Halimi, Al-Ustadz Muslihuddin Afifuddin, dan Al-Ustadz Musthofa Sonhaji. Saat ini jumlah guru TPA telah mencukupi kebutuhan yang bahkan diantaranya adalah para hufadz dan hafidzah. Diantaranya adalah Al-Ustadz Faqih Al-Hafidz, Al-Ustadz Munawir Al-Hafidz, Al UStadz Nurhasan Al Hafidz ditambah dengan ustadzat lulusan pesantren. Sedangkan untuk hafidzah adalah para istri dari guru-guru hufadz yang merupakan ummahat Rafah.

Peb 5, 2012
Category: Profil Pesantren Rafah
Posted by: alfan

 

Dimulai dari niat mulia KH. Muhammad Nasir Zein, M.A. sejak bekajar di Gontor dan Madinah, dalam mengembangkan ilmu serta berkhidmah untuk ilmu dan orang –orang yang menuntut ilmu. Cita-cita itu ditakdirkan sejalan dengan cita-cita almarhum waqif pertama pesantren yaitu almarhum H. Fauzi Ramli, bapak mertua beliau. Sebelum wafat, tahun 1994, H. Fauzi Ramli mewakafkan tanahnya sebesar 12.050 meter persegi kepada beliau untuk dibangun pesantren. Maka dengan niat mulia mengembangkan dan menyebarkan ilmu dalam rangka mensyi'arkan islam, dimulailah pembangunan pesantren ini. Peletakkan batu pertama dilaksanakan pada hari senin tanggal 1 Dzulqo'dah 1417 H bertepatan dengan 10 Maret 1997. Dalam acara tersebut, hadir pada ulama dan haba'ib yang berasal dari berbagai tempat di Jakarta dan Bogor. Diantaranya adalah KH. Abdurrasyid Abdullah Syafi'I, KH. Abdurrahman Nawi, KH. Zainal Abidin Pagentongan, KH. DR. Didin Hafihudin, Habib Husein Ali Al-Athoos, Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Ketua Majelis Ulama Kab. Bogor, Kh Sanusi Azhari, serta para ulama lainnya. Dihadiri oleh kurang lebih seribu orang.

Mar 5, 2011
Category: Profil Pesantren Rafah
Posted by: alfan

Mulai tahun ajaran  2009 - 2010 Pondok Pesantren Rafah membuka kurikulum pendidikan Tarbiyatul Mu’allimin Al Islamiyyah (TMI) program Reguler / MTs dan MA dengan jenjang pendidikan 6 tahun untuk lulusan MI/SD. Dan mulai tahun ajaran  2011 - 2012 dibuka Program Intensif / MA dengan jenjang pendidikan 4 tahun untuk untuk lulusan SMP/MTs, didukung dengan program unggulan hafalan Al Qur'an, kemampuan percakapan harian dengan Bahasa Arab dan Inggris serta praktek berorganisasi dan pengembangan kemampuan / skill  lainnya.

Alhamdulillah, pada bulan Sya'ban 1432 H atau bulan Juli 2011 M Pondok Pesantren Rafah mendapatkan Mu'adalah dari jami'ah islamiyyah Al Madinah Al Munawwaroh

Dengan kurikulum tersebut diharapkan diharapkan peserta didik dapat menjadi kader ummat yang qur'ani ber-tafaqqah fiddiin, menjadi ulama da'i dan da'i ulama, memiliki orientasi kemasyarakatan, dan bisa melanjutkan pendidikan baik di dalam maupun luar negri. Dengan dasar nilai qurani diharapkan santri di kemudian hari menjadi generasi khairu ummah.

 

Mar 4, 2011
Category: Profil Pesantren Rafah
Posted by: alfan

DIMENSI KEUNGGULAN SANTRI

  1. Dengan sistem asrama santri dididik dan dibimbing 24 jam dengan disiplin dan kemandirian, menjadi    generasi muda yang berdisiplin tinggi, tanggungjawab  dan militan.
  2. Penguasaan terhadap ulum syar’iyyah (agama) secara syamilah untuk tafaquh fiddin tanpa meninggalkan ulum kauniyyah (umum) - Santri dipersiapkan untuk menjadi kader pemimpin umat, ulama du’at dan du’at ulama dengan pondasi akidah yang shohih serta manhaj ahlussunnah wal jama’ah
  3. Santri menguasai bahasa Arab dan Ingris secara aktif sebagai alat untuk mempelajari ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum. Bahasa Arab dan Inggris menjadi bahasa pengantar dalam pengajaran di kelas & menjadi bahasa wajib dalam komunikasi santri sehari-hari.
  4. Dengan program Tahfidzul Qur’an akan lahir kader -kader generasi muda dan pemimpin umat yang qur’ani.
Mei 6, 2010
Category: Profil Pesantren Rafah
Posted by: alfan

PANCA JIWA PONDOK PESANTREN RAFAH

  • Jiwa Imani Diharapkan santri memiliki iman yang kuat. Jiwa ini tercermin dalam sikap keikhlasan.
  • Jiwa Kemandirian Mandiri berarti mampu menolong diri sendiri tanpa mengandalkan orang lain. Sikap ini merupakan bekal ampuh bagi para santri dan pesantren. Maka seharusnya pesantren tidak menyandarkan diri pada orang lain. Tapi tidak pula menolak bantuan yang diberikan selama tidak mengikat. Jiwa kemandirian berarti semua jenis kegiatan yang bergulir di pesantren dikerjakan oleh seluruh civitas pesantren.
  • Jiwa Pengorbanan Islam tidak akan berjaya kecuali dengan pengorbanan ummatnya pengorbanan yang sejalan dengan apa yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw, dan para salafusholih. Islam akan tinggi dengan pengorbanan umatnya. Hasilnya kemudian akan kembali kepada umat sendiri, karena itu bukan kepentingan Allah.
  • Jiwa Ukhuwah Kehidupan di dalam pesantren mencerminkan sikap ukhuwah di antara para santri dan guru. Sikap yang memperlihatkan hubungan yang kental antara santri dan guru hingga tiada dinding yang mampu memisahkan dua elemen ini. Suka senang serta duka sedih ditanggung bersama. Inilah yang mempersatukan umat di masa yang akan datang.
  • Jiwa Ta'awun Yaitu jiwa tolong-menolong. Dengan jiwa ini bisa terwujud masyarakat yang kuat, umat yang solid. Dalam aplkasinya hal ini diterapkan dengan cara pembauran sesama santri.

Mei 6, 2010
Category: Profil Pesantren Rafah
Posted by: alfan

Visi, Misi, dan Motto Pondok Pesantren Rafah

VISI

Terbentuknya Generasi Qur'ani

MISSI

  • Membentuk kader ulama yang amilin dengan aqidah yang benar dan berakhlak  karimah.
  • Membentuk intelektual ulama dan ulama yang Intelektual.
  • Membentuk ulama da’i dan da’i ulama

Motto Pondok Pesantren Rafah

  • Beraqidah shahihah
  • Berilmu pengetahuan luas
  • Berfikiran yang islami
  • Berakhlaq mulia
  • Bermu'amalah yang tasamuh
Mei 6, 2010
Category: Profil Pesantren Rafah
Posted by: alfan

Masjid merupakan bangunan awal yang berdiri di Pondok Pesantren Rafah. Karena masjid merupakan pusat da'wah untuk ummat dengan segala kegiatannya. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah saw di awal kedatangannya di Madinah. Pembangunan masjid ini diselesaikan selama delapan bulan. Dimulai pada tanggal 1 Dzulqodah dan selesai pada bulan Sya'ban. Masjid ini kemudian diresmikan pada tanggal 27 Desember 1997 M oleh para ulama dan pejabat setempat yang hadir kala itu. Diantara mereka ialah; Drs. Muamal selaku Asisten Daerah Bogor. Lokasi masjid pun berada di pintu gerbang sebagai gapura pesantren. Karena pesantren secara kronologis berasal dari masjid yang menjadi pusat kegiatan ibadah para santri.

Mei 6, 2010
Category: Profil Pesantren Rafah
Posted by: alfan

Pondok Pesantren Rafah bertekad dan berkeyakinan bahwa da'wah harus berlangsung sampai waktu yang ditakdirkan oleh Allah swt. Da'awah akan berlangsung hingga hari kiamat hingga da'inya meninggal. Sadar akan hal tersebut, pesantren mengambil langkah kaderisasi. Dimulai dari keluarga, yaitu anak-anak pimpinan sendiri yang memang sudah diniatkan sebagai penerus estafet perjuangan pesantren di masa yang akan datang. Para santri pun ditanamkan jiwa kemandirian, pengorbanan, persaudaraan, ta'awun dan iman yang kuat. Ini dimaksudkan agar santri kelak setelah belajar dari pesantren memiliki loyalitas dan kepedulian kepada pesantren. Bukan hanya fisiknya tetapi ilmu risalah, visi, misi, dari pesantren ini.


Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Rafah @2010